TEST

TESHasil belajar diperoleh melalui evaluasi dan evaluasi terkait dengan tes. Menurut Suharsimi Arikunto (2010:193) menyatakan bahwa

“Tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok”.

Sedangkan menurut Muchtar Bukhori (dalam Arikunto, 2002:32) mengungkapkan bahwa “tes ialah suatu percoabaan yang diadakan untuk mengetahui ada atau tidaknya hasil-hasil pelajaran tertentu pada seseorang murid atau kelompok murid”

Tes digunakan untuk mengukur kemampuan objek yang diteliti. Sebagaiman pendapat Suharsimi Arikunto (2010:266) yang menyatakan bahwa “untuk mengukur ada atau tidaknya serta besarnya kemampuan objek yang diteliti, digunakan tes”.

Data hasil belajar yang baik harus diperoleh melalui evaluasi yang baik, dan evaluasi yang baik yakni dengan tes yang baik. Menurut Suryabrata (dalam Khodijah, 2014:194) mengungkapkan bahwa syarat-syarat test yang baik adalah “reliable, valid, objektif, diskriminatif, komprehensif dan mudah digunakan” .

Reliable atau reliabilitas adalah berhubungan dengan ketetapan hasil tes. Tes yang reliableakan memiliki hasil yang tetap tidak berubah-ubah. Istilah reliable bisa disebut juga “keajegan” dalam memberikan data yang sesuai kenyataan.

Valid memiliki arti “sahih”, dapat dipercaya, seperti pendapat Scarvia B Anderson (dalam arikunto, 2002:65) mengungkapkan bahwa “A tes is valid if it measures what it purpose to measure” , jika diartikan secara bebas kurang lebih sebuah tes dikatakan valid jika tersebut mengukur apa yang hendak diukur.

Objektif adalah tidak adanya unsur-unsur subjektifitas. Objektif dapat berarti benar-benar keadaan sebenarnya tanpa adanya unsur diri yang menyebabkan tidak benarnya data tes tersebut.

Diskriminatif yang dimaksud adalah mampu menunjukan perbedaan kemampuan siswa. Menurut Khodjah (2014:195) mengungkapkan “suatu tes disebut diskriminatif jika jika tes itu disusun sedemikian rupa sehingga dapat melacak (menunjukan) perbedaan siswa yang memiliki kemampuan tinggi dan siswa yang mempunyai kemampuan rendah”

Tes dikatakan komprehensif jika mencakup seluruh aspek yang harus diselidiki sesuai dengan tujuan dari tes tersebut dilakukan. Maka disebut tes komprehensif ketika semua aspek yang perlu diketahui dalam sebuah mata pelajaran mampu didapatkan dengan tes yang dilakukan.

Mudah digunakan menjadi salah satu syarat tes yang baik. Tes yang dilakukan baik dalam penyelenggaraan maupun penskoran tidak mengalami kesulitan.

Tes dibedakan dalam dua jenis, yaitu tes standar dan tes buatan guru. Test standar menurut Suharsimi Arikunto (2010:267) adalah ”….tes yang biasanya sudah tersedia dilembaga testing, yang sudah terjamin keampuhannya”.

Tes standar telah dilakukan pegujian berkali-kali dan direvisi berkali-kali. Sedangkan tes buatan guru adalah tes yang di buat oleh guru dengan tujuan dan berpedoman pada tujuan sekolah atau tujuan pembelajaran.

Tes standar dan tes buatan guru sama-sama untuk mengukur kemampuan objek yang diteliti. Jika tes standar umumnya untuk mengukur IQ, minat bakat, dan lain sebaganya. Sedangkan tes buatan guru lebih kepada lingkup pelajaran atau sekolah.

Secara fungsi tes diklasifikasikan dalam tiga jenis sebagaimana diungkapkan Suharsimi Arikunto (2002:151) yang menyatakan bahwa “fungsi tes dapat ditinjau dari tiga hal; 1) fungsi untuk kelas, 2) fungsi untuk bimbingan, 3) fungsi untuk administrasi”.

Sumber :

Arikunto, Suharsimi (2002) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi).Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi.(2010) Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Khodijah, Nyayu.(2014) Psikologi Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada

Tentang arassh

i'm a moslem
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s