TRANSFER BELAJAR

  • Pengertian

Transfer diambil dari bahasa inggris yang artinya pergantian, serah terima atau pemindahan. Belajar adalah serangkaian aktifitas atau kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.

Pengertian transfer belajar menurut beberapa pakar psikologi sebagai berikut:

Alice Crow mengatakan bahwa transfer belajar adalah “the process of carrying over habits of thinking, knowledge , or skill from one learning area to another”Herbert Sorenson dalam bukunya Psychology in education menyatakan bahwa transfer belajar adalah” the process by which some thing learned in one situation is used in another “

Wiliam Clark traw mengatakan bahwa “transfer in the name for the fact that the experience of learning in one situation influences learning and performance in other situation”

Slameto merumuskan bahwa transfer adalah pengaruh hasil belajar yang telah diperoleh pada waktu yang lalu terhadap proses dan hasil belajar yang dilakukan kemudian

Muhibin Syah menyatakan bahwa transfer belajar terjadi bila pengetahuan dan keterampilan anak didik sebagai hasil belajar pada masa lalu seringkali mempengaruhi proses belajar yang sedang dialaminya sekarang

Menurut WS Winkel dalam bukunya “psikologi pengajaran” bahwa transfer belajar berasal dari bahasa inggris “transfer of learning” atau “transfer of traning” yang berarti pemindahan atau pengalihan hasil belajar yang diperoleh dari bidang studi yang satu ke bidang studi yang lain atau ke kehidupan sehari hari diluar lingkup pendidika sekolah.

  • Teori Transfer Belajar

1. Teori displin Formal

Teori ini di dasari oleh ilmu jiwa daya. Jiwa itu tersusu dari bebrapa macam daya seperti ingatan, pikiran, perasaan dan lain-lain. Semua daya-daya itu dapat diperbaiki dengan latihan-latihan yang disipilin.

Teori transfer belajar menurut psikologi daya mengatakan bahwa manfaat dari dari setiap fungsi sebagai akibat mempelajari bahan tertentu akan tertransfer dalam mempelajari apapun sekalipun itu tidak ada hubungnnya dengan bahan latihan itu. Sebagai contoh fungsi pikiran akan menjadi baik dalam melakukan fungsinya jika dilatih dengan bahan yang berupa latihan pelajaran matematika, atau mengisi TTS dan lain-lain. Fungsi otot akan kuat mengangkat benda-benda yang berat tatkala sering dilatih mengangkat beban. Ketika latihan kita bisa jadi bukan mengangkat kursi tapi mengangkat barbel tapi kekuatan otot ini bisa bermanfaat kapanpun dan dimanapun walaupun tidak ada hubungannya dengan barbel.

2. Teori Komponen Identik

Teori ini dikenal dengan teori Indentical Element dan identical components , menurut teori ini transfer terjadi jika antara situasi yang lalu atau hasil belajar yang lalu dengan situasi yang dihadapai atau bahan pelajaran yang dihadapi terdapat aspek-aspek yang sama. Dalam teori ini menyatakan bahwa transfer terjadi bila kedua peristiwa belajar terdapat unsur-unsur yang sama (identik). Komponen-komponen yang terlibat dalam proses belajar itu tak terbatas pada bahan pengajaran, tetapi termasuk juga hal-hal seperti metode belajar mengajar, sikap dan berbaga kemampuan khusus yang dimiliki anak.

3. Teori generalisasi

Teori merupakan teori dari Charles Judd (1873-1946) yang berpendapat bahwa transfer belajar lebih berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menangkap struktur pokok, pola, dan prinsip-prinsip umum. Anak akan mampu mentransferkan pada bidang lain diluar studi atau transfer belajar ini akan terjadi jika anak tersebut mampu mengembangkan konsep, kaidah, prinsip, dan siasat untuk memcahkan masalah. Kesamaan-kesamaan anatara dua bidang studi tidak terdapat pada unsur-unsur khusus melainkan dalam pola, dalam struktur dasar, dan dalam prinsip. Jadi dalam prinsip ini menekankan pada prinsip-prinsip umum yang menunjukan pola kesamaan yang universal; merupakan ide umum yang terbentuk melalui proses mental.

 Bersambung………..

 Sumber: Djamarah, Syaiful Bahri (2011) Psikologi Belajar Edisi revisi 2011. Jakarta: Rineka Cipta

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s