PENDIDIKAN DALAM ISLAM ADALAH PENDIDIKAN KARAKTER

Menurut Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS dalam (Dr. Ulil Amri Syafari, 2012)”Pendidikan dalam islam tak hanya proses mentransfer ilmu dari guru kepada murid. Pendidikan dalam islam juga diiringi dengan upaya memberikan keteladanan (qudwah) dari pendidik dalam pembentukan karakter anak didik. Oleh karena itu, upaya benar-benar melahirkan seorang yang berilmu, berkarakter, beradab, dan berakhlak mulia adalah bagian dari pendidikan yang dilakukan oleh Rosululloh SAW, maka madrasah nabawiyah bisa sebagai model rujukan bangunan pendidikan berkarakter”.

Pendidikan model Rosululloh, yang di tulisan sebelumnya saya beri judul Pendidikan Propetik, memungkinkan membentuk generasi yang memiliki akal yang cerdas dengan kepribadian yang cemerlang, keperibadian yang mengasah kepekaan jiwa untuk bisa menjadi pribadi yang memberikan manfaat bagi sekitarnya. Hal ini karena pendidikan model rosul (propetik) menghendaki setiap manusia untuk menjadi manusia terbaik sebagaimana dalam sebuah hadist “sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lain”.

Pendidikan dalam islam menyeimbangkan antara akal dan hati. Antara kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Sehingga output yang terbentuk adalah insan Ulil Albab, yakni orang yang mampu mendayagunakan akal untuk kepentingan pengabdian kepada Alloh SWT dan kiprahnya dimasyarakat. Pendidikan yang menyentuh akal dan hati ini, di abad kejayaan islam telah terbukti melahirkan sosok ulama(orang-orang berilmu),yang karyanya merupakan pembuka bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan sampai sekarang terasa manfaatnya oleh umat manusia. Mereka semua merupakan ilmuwan(alim-ulama) yang hanya takut kepada Alloh SWT, dan semua upaya yang dilakukan merupakan wujud cintanya dan dalam rangka beribadah kepada Alloh SWT.

Dalam QS. Fathir:28 “dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama[1258]. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

[1258] Yang dimaksud dengan ulama dalam ayat ini ialah orang-orang yang mengetahui kebesaran dan kekuasaan Allah.

Dalam ayat ini menjelaskan karakteristik orang-orang yang berilmu (al-U’lama), yaitu mereka yang takut kepada Alloh SWT. Mereka adalah sosok berakhlak atau memiliki karakter mandiri, berani, dan pengabdi, siap berkorban sehingga tidak bergantung pada penghambaan kepada selain Alloh SWT. Akhlak atau karakter bisa kuat karena berpijak pada pondasi yang kuat yakni tauhidulloh. Sebagaimana Alloh SWT gambarkan dalam QS. Ibrahim ayat 24-25:”tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik[786] seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,

pohon itu memberikan buahnya pada Setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat.”

[786] Termasuk dalam kalimat yang baik ialah kalimat tauhid, segala Ucapan yang menyeru kepada kebajikan dan mencegah dari kemungkaran serta perbuatan yang baik. kalimat tauhid seperti laa ilaa ha illallaah.

Pendidikan dalam islam tentunya akan merujuk pada Al- Quran sebagai sumber ilmu, dan contoh yang baik dalam proses melakukan pendidikan. Dalam Al-Quran dicontohkan proses pendidikan yang digambarkan dalam perbincangan antara Luqman dan anaknya, antara Musa As dan Khidir As, antara Ibrahim As dan Ismail As, antara Yahya As dan Zakaria As, antara Yusuf As, dan para saudaranya, antara Muhammad SAW dengan Umatnya dan lain sebagainya, yang mencerminkan proses pendidikan dalam membentuk karakter yang kuat. Maka pendidikan yang menggunakan nilai-nilai berbasis agama akan melahirkan manusia-manusia berkarakter. Dengan kata lain, bila kita ingin melahirkan anak didik yang berkarakter maka pendidikan agama mesti diperhatikan.

Bibliography

Dr. Ulil Amri Syafari, M. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s