KOMPETENSI GURU PROFESIONAL (Kompetensi pedagogik)

gurugtMenurut undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang Undang-undang guru dan dosen dijelaskan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Untuk standar kompetensi guru SMK, lebih dijelaskan dalam permendiknas Nomor 16 tahun 2007.

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik, yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang meliputi pemahamna terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Berikut standar kompetensi guru mata pelajaran di SMK pada kompetensi pedagogik:

No Kompetensi Inti Guru Sub kompetensi Guru
1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 1.1. Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral-spritual, dan latar belakang sosial bidaya

1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata peljaran yang diampu

1.3. Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

1.4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

2 Menguasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 2.1. memahami berbagai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik terkait  dengan mata pelajaran yang diampu

2.2. menrapkan berbagai pendekatan, strategi , metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kretif dalam mata pelajaran yang diampu

3 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu 3.1. memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

3.2. menetukan tujuan pembelajaran yang diampu

3.3. menetukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencaapi tujuan pembelajaran yang diampu

3.4. memilih materi pelajaran yang diampu terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pemebelajaran

3.5. menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik

3.6. mengembangkan indikator dan instrumen penilaian

4 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik 4.1. memahami prinsip-prinsipperancangan pembelajaran yang mendidik

4.2. menegmbangkan komponen-komponen rancangan pemeblajaran

4.3. menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan didalam kelas , labolatorium maupun lapangan

4.4 melaksanakan pembelajaran yang mendidik dikelas, dilabolatorum dan dilapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan

4.5. menggunkan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran  yang diampu untuk mencapai tujuan pemeblajaran secara utuh

4.6. mengambil keputusan transaksonal dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.

5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikas untuk kepentingan pembelajaran Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu
6 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki 6.1. menyediakan berbagai kegiatan pemeblajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal

6.2. menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kretifitasnya

7 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik 7.1. memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik dan santun secara lisan, tulisan, dan atau bentuk lain.

7.2. berkomunikasi secara efektif dan empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan mendidik yang terbangun dari (a)penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk  ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian (c)espon peserta didik terhadap ajakan guru (d) reaksi guru terhadap respon peserta didik

8 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar 8.1. memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu

8.2. menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai denga karakteristik mata pelajaran yang diampu

8.3. menetukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

8.4. mengembangkan instrumen penilaian. Evaluas proses, dan hasil belajar

8.5. mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan menggunakan  berbagai instrumenn

8.6. menganalisis hasil  penilaian proses  dan hasil belajar untuk berbagai tujuan

8.7. melakukan evaluasi proses  dan hasil belajar

9 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran 9.1. menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

9.2. menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

9.3. mengkomunikasika hasil penialaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

9.4. memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evalausi pemeblajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pemebelajaran 10.1. melakukan refleksi terhadap pemeblajaran yang telah dilaksanakan

10.2. memanfaatkan hasil refleksi untu perbaiakn dan pengembangan pemeblajaran dalam mata pelajaran yang diampu

10.3. melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pemeblajaran dalam mata pelajaran yang diampu

 

 

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

7 Balasan ke KOMPETENSI GURU PROFESIONAL (Kompetensi pedagogik)

  1. suhardin berkata:

    sangat membantu dalam menjalankan tugas

    Suka

  2. casutri berkata:

    Thanks ya ilmunya …….

    Suka

  3. Ana Milla Dengo berkata:

    Thgeks ya Sobat,, unt Materinya

    Suka

  4. Imabmadruroh berkata:

    Sangat membantu,thanks

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s