Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)

A. Pengertian dan Fungsi RPP
Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah program perencanaan yang disusun sebaga pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan proses pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dikembangkan berdasarkan silabus. Silabus adalah rancangan program pembelajaran satu atau kelompok mata pelajaran yang berisi tentang standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa, pokok materi yang harus dipelajari siswa serta bagaimana cara mempelajarinya dan bagaimana cara untuk untuk mengetahui pencapaian kompetensi dasar yang telah ditentukan. (Dr. Wina Sanjaya, 2009)
B. Komponen-Komponen RPP
Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran minimal ada lima komponen pokok yaitu :
1. Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi yang harus dicapai atau dikuasai oleh siswa. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, yang harus dlakukan oleh guru adalah menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar (SK/KD) menjadi indikator hasil belajar. Indikator hasil belajar adalah pernyataan prilaku yang memiliki dua syarat utama, yakni bersifat obervable dan berorientasi pada hasil belajar.
2. Materi/isi
Materi/isi pelajaran berkenaan dengan bahan pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3. Strategi dan metode pembelajaran
Strategi adalah rancangan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu; sedangkan metode adalah cara ang digunakan untuk mengimplementasikan strategi. Strategi dan metode pembelajaran harus dirancang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Satu hal yang harus diperhatikan dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran adalah strategi dan metode itu harus dapat mendorong sswa untuk beraktifitas sesuai dengan gaya belajarnya. Sejumlah prinsip seperti yang dijelaskan dalam PP No 19 tahun 2005 adalah proses pembelajaran harus diselenggarakan secara interaktif, insfiratif, menyenangkan, memberikan ruang yang cukup untuk bagi pengembangan prakarsa, kretaivitas sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
4. Media dan sumber belajar
Media dalam proses pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan sumber belajar adalah segala sesuatu yang mengandung pesan yang harus dipelajari sesuai dengan materi pelajaran. Penentuan media dan sumber belajar harus sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik daerah.
5. Evaluasi
Evaluasi diarahkan bukan hanya sekedar untuk mengukur keberhasilan setiap siswa dalam pencapaian hasil belajar, tetapi juga untuk mengumpulkan informasi tentang proses pembelajaran yang dilakukan oleh setiap siswa. Untuk alat evaluas selain tes ada juga non tes dalam bentuk tugas, wawancara, dan lain sebagainya.
C. Contoh Format RPP
1. Mata pelajaran
(tulskan mata pelajaran yang akan dipelajari siswa)
2. Materi pokok
(tuliskan topik atau pokok bahasan yang harus dipelajari)
3. Kelas/ semester
(tuliskan untuk kelas berapa dan semester berapa perencanaan itu disusun)
4. Waktu
(tuliskan waktu yang dibutuhkan untuk memeplajari topik pembelajaran )
5. Standar kompetensi/kompetensi dasar
Tuliskan SK/KD sesuai dengan standar isi)
a) Indikator hasil pemebelajaran
(rumuskan indikator hasil belajar yang hendak dicapai sesuai dnegan SK/KD)
b) Materi pelajaran
(tuliskan dan uraikan secara singkat tentang materi/ isi pelajaran yang harus dipelajari siswa sesuai dengan indikator hasil belajar)
c) Kegiatan pembelajaran
(tuliskan apa yang harus dilakukan siswa dan guru dalam mencapai tujuan pemebelajaran yakni menguasai kompetensi (indikator hasil belajar)yang diharapkan)
6. Alat, media, dan sumber belajar
(tuliskan alat bantu apa saja yang harus digunakan agar kompetensi dasar dapat dicapai. Tentukan pula dari mana siswa dapat memperoleh pengalaman belajar)
7. Evaluasi
(tuliskan prosedur jenis, dan bentuk evaluasi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi ketercapaian siswa menguasai indikator hasil belajar)

Ditulis Oleh : Abdul Rohman, Pendidikan Teknik Mesin (Otomotif 2008) Universitas Pendidikan Indonesia

Bibliography
Dr. Wina Sanjaya, M.Pd.(2009). Kurkulum dan Pembelajaran . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s