Nimat nimat Alloh SWT

Mengenai nikmat dalam al-Quran di sebutkan bahwa nikmat dari Alloh SWT itu sangat banyak, sampai-sampai untuk menggambarkan begitu banyak dan tak terhingganya disebutkan bahwa seandainya seluruh ranting di dunia dijadikan pena dan lautan sebagai tintanya maka semuanya akan habis sebelum nikmat alloh SWT selesai tertuliskan. itulah penggambaran bagaimana begitu tak terhingganya nikmat alloh SWT.

Gambar

kita tak akan mampu menghitung dan mendokumentasikan nikmat-nikmat alloh tersebut, tapi tetap manusia butuh sebuah penyederhanaan supaya kita dapat memahaminya. Dr. Muhammad Imadudin Ar, membagi nikmat kedalam tiga tingkatan, yakni :

  1. nikmat hidayah
  2. nikmat kemrdekaan
  3. nikmat hidup

kita bahas dari nikmat yang terendah yakni nikmat hidup, kenapa dikatakan nikmat terendah karena semua makhluk hidup mendapatkan ini. hewan dapat, tumbuhan dapat, manusia pun dapat dan semuaitu didapat secara gratis .

nikmat yang tingkatan nya kedua adalah nikmat merdeka atau kemerdekaan, nikmat kemerdekaan merupakan nikmat yang jika dalam sebuah garis itu merupakan titik nol. kenapa dikatakan demikian karena titik ini memilki kebebasan mau positif atau negatif. hal inilah yang disebut kemerdekaan; kebebasan memilih mau baik atau buruk, kebebasan mau tunduk atu membangkang, kebebasan mau islam atau kafir. dan nikmat ini hanya diberikan kepada manusia, sedangkan hewan tidak. mana bukti hewan tidak diberi kebebasan,? buktinya dapat kita lihat dari prilaku hewan sebagai contoh domba atau kambing adakah kambing memilih jalan hidupnya untuk membangkang sehingga ketika mau disembelih dia membuat pasukan untuk melawan manusia? saya kira tidak. nah itulah bukti bahwa hewan tidak diberi kebebasan/kemerdekaan, hewan itu tunduk dan patuh pada ketetapan yang sudah alloh tetapkan, maksudnya patuh pada hukum Alloh SWT.

dalam hal pemilihan ini menentukan siapa tuhannya. Orang yang menjadikan uang yang merampas kemerdekaannnya maka uang itulah tuhannya, orang yang merelakan kemerdekaannnya terampas oleh wanita maka wanitalah tuhannya. karena yang dimaksud dengan tuhan adalah sesuatu yang merampas kemerdekaan, sesuatu yang mengurangi kemerdekaan itulah tuhan.

orang sholat terampas kemerdekaannya karena harus sholat, orang yang tidak sholat berarti telah menjadikan selain alloh sebagai tuhannya karena ia tidak mau dirampas kemerdekaannya oleh Alloh SWT. orang yang sedang sibuk bekerja ia tidak melaksanakan sholat maka sudah pasti tuhannya adalah pekerjaannya itu, karena tidak mau dirampas kemerdekaannya dengan melaksakan sholat. maka pernyataan atau proklamasi kemerdekaan yang benar adalah mengucapkan LAILLAHAILLALLOH, jika tidak demikian maka sudah pasti bukan Alloh SWT sebagai tuhannya.

dan terakhir nikmat yang paling tinggi adalah nikmat hidayah, kenapa yang paling tinggi karena tidak semua orang mendapatkannya. hanya orang-orang terpilih yang mendapatkannya. kemudian pertanyaannya  siapa yang mendapatkan hidayah ini? jawabannya adalah orang yang berjihad fisabilillah

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s