Sepenggal kisah ALI ra

 Tatkala Muhammad dan Khadijah sedang sembahyang, tiba-tiba Ali menyeruak  masuk.  Dilihatnya kedua orang itu sedang ruku’ dan sujud serta membaca beberapa  ayat  Qur’an  yang  sampai  pada waktu  itu  sudah  diwahyukan  kepadanya.  Anak  ifu  tertegun berdiri:  “Kepada  siapa  kalian  sujud?”   tanyanya   setelah sembahyang selesai. “Kami  sujud  kepada  Allah,” jawab Muhammad, “Yang mengutusku menjadi nabi dan memerintahkan aku mengajak manusia  menyembah Allah”  Lalu Muhammad pun mengajak sepupunya itu beribadat kepada Allahsemata tiada bersekutu serta menerima agama yang  dibawa  nabi utusanNya  dengan meninggalkan berhala-berhala semacam Lat dan ‘Uzza. Muhammad lalu  membacakan  beberapa  ayat  Qur’an.  Ali sangat terpesona karena ayat-ayat itu luarbiasa indahnya.

 
 

Ia  minta  waktu  akan  berunding  dengan  ayahnya lebih dulu. Semalaman itu ia merasa gelisah. Tetapi  besoknya  ia  memberi tahukan  kepada  suami-isteri  itu,  bahwa  ia  akan mengikuti mereka berdua, tidak perlu minta pendapat  Abu  Talib.  “Tuhan menjadikan  saya  tanpa saya perlu berunding dengan Abu Talib. Apa gunanya saya harus berunding dengan  dia  untuk  menyembah Allah.”

Jadi  Ali  adalah  anak  pertama yang menerima Islam. Kemudian Zaid b. Haritha, bekas budak Nabi. Dengan demikian Islam masih terbatas   hanya   dalam  lingkungan  keluarga  Muhammad:  dia sendiri, isterinya, kemenakannya  dan  bekas  budaknya.  Masih juga  ia  berpikir-pikir, bagaimana akan mengajak kaum Quraisy itu. Tahu benar ia, betapa kerasnya mereka itu dan betapa pula kuatnya  mereka  berpegang  pada  berhala yang disembah-sembah nenek moyang mereka itu.

     

(Haikal, 1980)

Mampukah kita seperti Ali?         

luar biasa ali masih anak-anak tapi sudah memiliki tingakat kedewasaan …… untuk sekarang mahasiswa saja masih kekanak-kanakan ……..

Bibliography

Haikal, M. H. (1980). Sejarah Hidup Muhammad . Jakarta Pusat: Pustaka Jaya.

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s