LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM

Toto Ruhimat dkk (Robert S. Zais, 1976 ) mengemukakan empat landasan pengembangan kurikulum yaitu : “Philosophy and the nature of knowledge, society and culture, the individual, learning theory”.
Ruhimat dkk (Tyler, 1988 ) mengemukakan pandangan yang erat kaitannya dengan beberapa aspek yang melandasi suatu kurikulum (school purposes), yaitu: “ use of philosophy, studies of learners, suggestions from sunject specialist, studies of contemporary life, dan use psychology of learning”.
Dari kedua pendapat diatas,dapat disimpulkan bahwa landasan pokok dalam pengembangan kurikulum dikelompokan kedalam empat jenis yaitu :

1. Landasan Filosofis dalam pengembangan kurikulum
Rumusan yang didapatkan dari hasil berfikir secara mendalam, analitis, logis dan sistematis (filosofis) dalam merencanakan, melaksanakan, membina dan mengembangkan kurikulum baik dalam bentuk kurikulum sebagai rencana (tertulis), terlebih kurikulum dalam bentuk pelaksanaan disekolah.
a. Filsafat pendidikan
Filsafat pendidikan pada dasarnya adalah penerapan dan pemikiran-pemikiran filosofis dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan. Toto Ruhimat dkk (Redja Mudyahardjo,1989) mengemukakan terdapat tiga sistem pemikiran filsafat yang sangt besar pengaruhnya dalam pemikiran pendidikan pada umumnya, dan pendidikan di Indonesia pada khususnya yaitu:”Filsafat idealisme, Realisme, dan filsafat fragmatisme”

b. Manfaat Filsafat pendidikan
Toto Ruhimat dkk ( Nasution,1982) mengidentifikasikasi beberapa manfaat filsafat pendidikan, yaitu:
1) Filsafat pendidikan menentukan arah mau dibawa kemana objek pendidikan
2) Mendapata gambaran yang jelas mengenai hasil yang harus dicapai
3) Memberi kesatuan yang bulat kepada segala usaha pendididkan.
4) Memungkinkan si pendidik menilai usahanya
5) Memberikan motivasi atau dorongan bagi kegiatan –keiatan pendidikan.
c. Filsafat dan Tujuan Pendidikan
Filsafat akan menentukan arah kemana perserta didik akan dibawa, filsafat merupakan perangkat nilai-nilai yang dilandasi dan membimbing kearah pencapaian tujuan pendidikan. Toto Ruhimat dkk (Herbert spencer Nasution, 1982) mengemukakan lima kajian sebagai sumber dalam merumuskan tujuan pendidikan,yaitu : “Self- preservation, Secuurring the necessities of life, Rearing of family, Maintaining proper social and political relatioanships, Enjoying leisure time”.
Toto Ruhimat dkk (The united States offce of Education, 1918 ) telah mencanangkan tujuan pendidikan melalui seven Cardinal Principles yaitu : “Health, Command of fundamental process, Worthy home membership,Vocational effffciency,.Citizenship, Worthy use of leisure, Satisfaction of religious needs.”
Toto Ruhimat dkk(Nana Syaodih Sukmadinata ,1997) mengemukakan empat landasan utama dalam pengembangan kurikulum, yaitu: “(1) filosofis; (2) psikologis; (3) sosial-budaya; dan (4) ilmu pengetahuan dan teknologi..Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan diuraikan secara ringkas keempat landasan tersebut.”

1) Landasan Filosofis
Toto Ruhimat dkk (Redja Mudyaharjo, 1989), mengemukakan bahwa terdapat tiga aliran filsafat dalam pemikiranpendidikan yaitu:” idealisme, realisme dan fragmatisme”.

2) Landasan Psikologis
Toto Ruhimat dkk (Nana Syaodih Sukmadinata, 1997) mengemukakan bahwa minimal terdapat dua bidang psikologi yang mendasari pengembangan kurikulum yaitu (1) psikologi perkembangan dan (2) psikologi belajar. Selanjutnya, dikemukakan pula tentang 5 tipe kompetensi, yaitu :
a) motif; sesuatu yang dimiliki seseorang untuk berfikir secara konsisten atau keinginan untuk melakukan suatu aksi.
b) bawaan; yaitu karakteristik fisik yang merespons secara konsisten berbagai situasi atau informasi.
c) konsep diri; yaitu tingkah laku, nilai atau image seseorang;
d) pengetahuan; yaitu informasi khusus yang dimiliki seseorang; dan
e) keterampilan; yaitu kemampuan melakukan tugas secara fisik maupun mental.
Dalam konteks Kurikulum Berbasis Kompetensi, Toto Ruhimat dkk (E. Mulyasa, 2002) menyoroti tentang aspek perbedaan dan karakteristik peserta didik, Dikemukakannya, bahwa sedikitnya terdapat lima perbedaan dan karakteristik peserta didik yang perlu diperhatikan dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, yaitu : (1) perbedaan tingkat kecerdasan; (2) perbedaan kreativitas; (3) perbedaan cacat fisik; (4) kebutuhan peserta didik; dan (5) pertumbuhan dan perkembangan kognitif.

2. Landasan Sosial-Budaya
Kurikulum dapat dipandang sebagai suatu rancangan pendidikan.
Dengan pendidikan, kita tidak mengharapkan muncul manusia – manusia yang menjadi terasing dari lingkungan masyarakatnya, tetapi justru melalui pendidikan diharapkan dapat lebih mengerti dan mampu membangun kehidupan masyakatnya. Oleh karena itu, tujuan, isi, maupun proses pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, karakteristik, kekayaan dan perkembangan yang ada di masyakarakat.
Toto Ruhimat dkk (Nana Syaodih Sukamdinata, 1997) mengemukakan bahwa melalui pendidikan manusia mengenal peradaban masa lalu, turut serta dalam peradaban sekarang dan membuat peradaban masa yang akan datang.
Dengan demikian, kurikulum yang dikembangkan sudah seharusnya mempertimbangkan, merespons dan berlandaskan pada perkembangan sosial – budaya dalam suatu masyarakat, baik dalam konteks lokal, nasional maupun global.

3. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Perkembangan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, terutama dalam bidang transportasi dan komunikasi telah mampu merubah tatanan kehidupan manusia. Oleh karena itu, kurikulum seyogyanya dapat mengakomodir dan mengantisipasi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga peserta didik dapat mengimbangi dan sekaligus mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemaslahatan dan kelangsungan hidup manusia.

ditulis Oleh :
Abdul Rohman (JPTM UPI Bandung 2008)

Tentang arassh

i'm a moslem
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s