KONSEP DASAR PEMBELAJARAN

1. Hakekat Belajar
Belajar pada hakekatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada disekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses berbuat melalui berbagai pengalaman. Belajar juga merupakan proses melihat, mengamati, dan memahami sesuatu (Sudjana, 1989 : 28 ).
Beberapa pengertian belajar yang di pandang dari tujuan dan proses berbagai pengalaman, diantaranya:
a. Belajar merupakan suatu proses, yaitu kegiatan yang berkesinambungan yang di mulai sejak lahir dan terus berlagsung seumur hidup.
b. Dalam belajar terjadi adanya perubahan tingkah lakuyang bersifat relatif permanen.
c. Hasil belajar ditunjukan dengan aktivitas-aktifitas tingkah laku secara keseluruhan.
d. Adanya peranan kepribadian dalam proses belajar antara lain aspek motivasi, emosional, sikap, dan sebagainya.

2. Landasan Konsep Belajar
a. Filsafat
Secara filosofis belajar berarti mengingatkan kembali kepada manusia mengenai makna hidup yang bisa dilalui melalui proses meniru, memahami, mengamati, merasakan, mengkaji, melakukan, dan meyakini akan segala sesuatu kebenaran sehingga semuanya memberikan kemudahan dalam mencapai segala yang dicitacitakan.
b. Psikologis
Merupakan suatu perubahan prilaku manusia yang diakbatkan oleh kegiatan belajar tanpa memahami prilakunya sendiri atau menyadari dia harus berprilaku seperti apa.
c. Sosiologis
Sebagai mahluk sosial maka dalam mempelajari lawan besosialisasi, dan teman hidup bersama dapat melalui belajar sehingga sehinggaa mampu membangun sampai dengan negara dan bangsa.
d. Komunikasi
Komunikasi dengan pendidikan dalam proses belajar dan pembelajaran tidak bisa dipisahkan,karena dalam prakteknya belajar dan pembelajaran adalah proses komunikasi.
3. Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran hanya menerapkan kemamuan dan menggunakan sarana serta mengikuti mekanisme yang telah diatur dengan baik, dan proses pembelajaran yang telah direncanakan dengan baik akan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
4. Perkembangan Konsep Dasar Pembelajaran
a. Persiapan proses pembelajaran menyangkut penyusunan desain (rancangan) kegiatan belajar-mengajar yang akan diselenggarakan. Di dalamnya meliputi : tujuan, metode, media, sumber, evaluasi dan kegiatan belajar mengajar.
b. Penyampaian, Pelaksanaan proses pembelajaran mengambarkan dinamika kegiatan belajar siswa yang dipadu dan dibuat dinamis oleh guru.
c. Latihan, adalah proses belajar dengan cara pengulangan. Tahap latihan dalam siklus pembelajaran berpengaruh terhadap 70% atau lebih pengalaman belajar keseluruhan. Tujuan proses ini adalah membantu peserta belajar untuk mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara.
d. Penampilan Hasil
Belajar adalah proses mengubah pengalaman menjadi pengetahuan, pengetahuan menjadi pemahaman, pemahaman menjadi kearifan, dan kearifan menjadi tindakan. Tujuan tahap penampilan hasil adalah untuk memastikan bahwa pembelajaran tetap melekat dan berhasil diterapkan serta membantu peserta belajar menerapkan dan memperluas pengetahuan dan keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat.

5. Hasil Belajar dari Pembelajaran
a. Hasil Belajar
Pada dasarnya proses belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku secara keseluruhan baik yang meliputi segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Secara umum hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal, yaitu faktor-faktor yang ada dalam diri siswa, dan faktor eksternal, yaitu faktor-faktor yang berada diluar diri peserta didik.
Faktor Internal dari hasil belajar yaitu:
1) Faktor fsikologis atau jasmani individu
2) Faktor fsikologis baik bersifat bawaan maupun keturunan
3) Faktor kematangan baik bersifat fisik maupun fsikis

b. Motivasi menuju hasil proses pembelajaran
Motivasi merupakan dorongan dalam diri yang mempengaruhi kesiapan untuk memulai melakukan rangkaian kegiatan dalam suatu prilaku. Motivasi dapat berupa motivasi intern maupun ekstern.. Menurut jenisnya motivasi dibedakan menjadi primer dan skunder.

Ditulis Oleh
Abdul Rohman, Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (Otomotif 2008) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

About these ads

Tentang arassh

i'm a moslem
Tulisan ini dipublikasikan di Pendidikan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke KONSEP DASAR PEMBELAJARAN

  1. Ping balik: Opini UPI » Blog Archive » Konsep Dasar Pembelajaran

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s